h1

SILABUS SEJARAH PERADABAN ISLAM

17 Maret 2013

SILABUS SEJARAH PERADABAN ISLAM

Agama Islam sebagai sistem nilai menjadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya dan kebudayaan yang ditimbulokannya dinamakan kebudayaan atau peradaban Islam. Secara lebih spesifik, peradaban Islam dapat dimaknai sebagai bagian – bagian dan unsur-unsur yang halus dan indah seperti, sistem teknologi, seni bangunan, seni rupa, sistem kenegaraan dan ilmu pengetahuan yang maju dan   kompleks.

Atas Dasar itu, Sejarah peradaban islam adalah segala sesuatu yang merupakan daya cipta, rasa dan karsa, terutama seperti tersebut diatas, yang pernah dihasikan oleh umat islam dalam kurun sejarah. Dapat dikatakan pula bahwa sejarah peradaban islam merupakan hasil konkrit nilai-nilai islam dalam sejarah.

Dalam mata kuliah ini Mahasiswa diajak memahami biografi  Nabi Muhammad SAW dan perjuangannya, masa-masa khulafaur ar Rasyidin, masa kemajuan Islam,  masa perpecahan dan kemunduran Islam di Andalusia dan pengaruhnya terhadap Eropa, masa dinasti-dinasti kecil, tiga dinasti besar, kolonialisme barat atas dunia Islam, masuknya Islam di Indonesia, kerajaan-kerajaan Islam sebelum dan sesudah penjajahan di Indonesia.

Dengan Mata Kuliah Ini Mahasiswa diharapkan dapat  menjelaskan tentang sejarah peradaban Islam, kemajuan dan kemundurannya dalam berbagai kurun dan fase dari munculnya islam hingga abad modern.

Download di SINI