h1

Maulid; Berebut Tumpeng, Beberapa Warga Terinjak

9 Maret 2009

Liputan6.com, Madiun: Peringatan maulid atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Senin (9/3), dirayakan kaum muslim di sejumlah daerah di Tanah Air, dengan berbagai macam atraksi. Mulai dari pawai obor hingga pawai kendaraan hias.

Di Madiun, Jawa Timur, aksi rebutan tumpeng sayur dan kue mewarnai perayaan tersebut. Beberapa orang terpaksa diamankan lantaran berusaha merebut tumpeng sebelum acara dimulai. Namun, banyaknya jumlah warga membuat polisi kewalahan melarang mereka. Apalagi, ratusan warga akhirnya berhamburan berebut tumpeng sehingga sejumlah orang terinjak-injak.

Sementara di Serang, Banten, dimeriahkan dengan konvoi keliling kota kendaraan hias. Kendaraan tersebut berisi makanan ringan, nasi, dan kebutuhan bahan pokok. Acara ini menarik perhatian warga. Sebelum iringan mobil tiba di alun-alun, ratusan warga tiba-tiba menyerbu dan mengambil makanan di mobil tersebut.

Peringatan maulid di Manado, Sulawesi Utara, dimeriahkan dengan pawai obor atau lebih dikenal taptu keliling kota. Berbagai kesenian Islam dan atraksi lain turut memeriahkan acara tersebut. Bahkan, ribuan warga Manado antusias memadati jalan-jalan protokol yang dilalui peserta pawai hingga sepanjang lima kilometer. Pawai ini dimaksudkan menjalin kebersamaan antarumat beragama.

Di Sumedang, Jawa Barat, peringatan maulid tahun ini berlangsung sederhana karena adanya larangan konvoi menjelang pelaksanaan pemilihan umum. Arak-arakan benda peninggalan Kerajaan Sumedang Larang yang biasa dilakukan keliling kota kini hanya berlangsung di kompleks kantor pemerintah setempat.(IKA/Tim Liputan 6 SCTV)

%d blogger menyukai ini: